Paparan Bimtek Karya Tulis Ilmiah Bagi Instruktur di BLK Purworejo. Dinperinaker. Salah satu bentuk kewajiban bagi para pegawai yang telah melaksanakan kegiatan dinas luar adalah menularkan ilmu yang telah diperolehnya kepada sesama pegawai di lingkungan kedinasan. Hari ini bertempat di aula UPT BLK Purworejo dilaksanakan kegiatan paparan Karya Tulis Ilmiah (KTI) oleh pemapar Lukas Okta P, S.Pd.T yang telah mengikuti kegiatan Bimtek KTI. Adapun para peserta adalah para pejabat fungsional di lingkungan UPT BLK Purworejo. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinperinaker Purworejo, Gathot Suprapto, SH
Berikut ringkasan paparan KTI
KARYA TULIS ILMIAH adalah
• Tipe tulisan teknis yang dikembangkan untuk mengkomunikasikan informasi ilmiah kepada ilmuan lainnya
• Tipe tulisan yang berisi hasil pengukuran dan pengamatan, bukan berbentuk opini ataupun praduga
• adalah karya ilmiah dalam bentuk tulisan cetak atau non cetak, yang disusun secara perorangan atau kelompok mengenai penelitian/pengkajian suatu pokok bahasan atau pengembangan gagasan tertentu, dengan cara melakukan identifikasi, deskripsi, analisis, dan memberikan konklusi ataupun rekomendasi.
KARYA TULIS ILMIAH (KTI) BAGI INSTRUKTUR
KTI yang terkait spesialisasi instruktur adalah karya ilmiah yang secara substantif berkenaan dengan bidang keahlian khusus yang dimiliki instruktur sesuai dengan latar belakang pendidikan (rumpun keilmuan yang ditekuni) dan/atau pengalaman kerjanya.
Instruktur sebagai orang pertama yang besinggungan langsung dengan subjek pelatihan, seyogyanya selalu berinovasi untuk meningkatkan kualitas sesuai bidangnya. Baik dalam hal teknis maupun metodologi kepelatihan. Hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan dengan cara yang lisan. Pengetahuan dan pemahaman yang tepat tentang bentuk karya tulis, format penulisan, karakteristik dan struktur karya tulis mutlak diperlukan. Alhasil, karya tulis yang berkualitas, yang bisa dipertanggungjawabkan keilmiahannya pasti bermanfaat bagi instruktur (dalam Angka Kredit sesuai kepmenaker 188 2003), bagi ilmu pengetahuan, dan khususnya bermanfaat langsung bagi kemajuan siswa pelatihan.
Menulis adalah jalan merekam pemahaman. Usia selalu bertambah, bertambahlah wawasan, sudahkah ada kemajuan? Pengetahuan, skill, pemikiran, perencanaan tapi tanpa bukti dan action nothing