BeritaPerindustrian

Pastikan Kegiatan DAK Lancar, Dinperintransnaker Desk dengan Tim DAK Kabupaten

Pastikan Kegiatan DAK Lancar, Dinperintransnaker Desk dengan Tim DAK Kabupaten. Dinperintransnaker. Horison Hotel (13/4). Sebagai kelanjutan dari rapat koordinasi persiapan pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari DAK, OPD pengelola kegiatan DAK “disidang” oleh tim DAK Kabupaten yang terdiri dari Inspektorat, BPPKAD, serta Bagian Pengadaan Barang dan Jasa. Desk ditunggui langsung oleh Inspektur Inspektorat Kabupaten Purworejo dan Kepala BPPKAD, masing – masing OPD menghadap meja – meja tim DAK untuk melaporkan kondisi terkini serta mencocokkan dan meluruskan data agar kegiatan DAK dapat berjalan dengan aman, tepat waktu, dan tidak menemui kendala.


OPD pengelola kegiatan DAK harus memastikan bahwa sebelum kegiatan dimulai, dokumen pelaksanaan anggaran, serta rencana kegiatan harus singkron dan satu nama. Perbedaan atau kesalahan dalam komponen dokumen anggaran seperti nama kegiatan/sub kegiatan, output, volume, satuan dan hingga ke detail rekening anggaran dapat menghambat proses pencairan DAK.
Dinperintransnaker berkesempatan berkonsultasi dengan BPPKAD dan didampingi personil inspektorat, melaporkan kondisi pelaksanaan kegiatan DAK yang telah berjalan sebagian.
Dari hasil konsultasi, diperoleh simpulan bahwa (1) Dinperintransnaker belum memiliki user id aplikasi OMSPAN untuk mengelola pelaporan dan pencairan ke Kemenkeu RI; (2) semua kontrak, baik fisik maupun non fisik harus sudah selesai direview inspektorat sebelum akhir Juni 2022; (3) kegiatan pengadaan barang yang detailnya belum tercantum di SSH, harus segera diusulkan.
Rencana anggaran kas khusus dana DAK juga disesuaikan agar dapat dibayarkan pada saatnya sesuia perencanaan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button